Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah (Kardiovascular)

Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah (Kardiovascular)

PENYAKIT JANTUNG KORONERhearth attack

Penyakit jantung koroner merupakan istilah umum bagi semua bentuk kelainan jantung yang disebabkan oleh tidak cukupnya aliran darah koroner. Kira-kira 99% disebabkan oleh atherosclerosis yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah, dengan atau tanpapenyulit. Istilah penyakit jantung koroner menunjukkan keridakseimbangan antaranaliran darah pembuluh darah arteri (arterial) dan kebutuhan myocardium. Keseimbangan tersebut dipengaruhi leh aliran darah koroner serta kadar oksigen dalam darah. Faktor resiko pada penyakit jantung koroner adalah kebiasaan makan. Bertambah makmur kehidupan penduduk suatu negara, maka konsumsi akan lemak akan naik dengan tajam terutama lemak yang berasaldari hewan seperti: telur, susu, daging dan sebagainya. Lemak hewani mengandung asam lemak jenuh dalam kadar yang tinggi. Hipertensi, obesitas, hiperkolesterolemia dan merokok berhubungan dengan penyakit jantung koroner.

Berikut adalah faktor resiko dari penyakit jantung koroner. Bagaimana dengan anda? sudah sampai jauh manakah anda terpapar resiko?

Gejala Yang TImbul:

  • Nyeri atau sakit di dada (seperti tertusuk, diperas, atau tertindih) yang merambat kebahu, tangan, leher, atau punggung
  • Merasa lemah atau lemas
  • Keringat dan pingsan/hilang kesadaran

Serangan ini dapat saja terjadi kapan saja dan dimana saja.

MODIFIKASI GIZI SEIMBANG UNTUK PENYAKIT JANTUNG KORONERjantung koroner

karena penyakit jantung koroner didahului oleh adanya artherosclerosis , maka dasar-dasar pengaturan diet artherosclerosis juga berlaku bagi pengaturan diet bagi penderita penyakit jantung koroner.

Kandungan energi (kalori) dalam diet sebaiknya dibatasi, terutama pada penderita disertai dengan keadaan kelebihan berat badan (obesitas), pengguna lemak jenuh harus dihindari, tingkatkan dengan asupan lemak tidak jenuh ganda yang dapat meurunkan kolesterol darah seperti yang terkandung dalam OMEGA 3 DEEP SEA. sanat disarankan, pemakaian gula tidak belebihan, karenan akan menyebabkan artherosclerosis. Porsi makan diberikan dalam porsi kecil dan sering untuk mengurangi beban kerja jantung. Kurangi pula gram bila disertai degnan tekanan darah tinggi dan edema. Bahan makanana yang menimbulkan gas (kol, lobak, duran) dan makanana dengan bumbutajam sebaiknya dihindari karena pasien jantung umumnya juga memilikigangguan lambung. Konsumsi pula SOD dan Spirulina yang mengandung antioksidan yang baik untuk jantung. Disamping pengaturan diet, juga perlu dilakukan upaya penyembuhan lainnya, terutama mengurangi berbagai faktor resiko, seperti merokok, tekanan emosional, dll. Juga olahraga fisik perlu dilakukan untuk menjaga agar tidak terjadi kenaikan berat badan.

GAGAL JANTUNGjantung sehat

Gagal jantung adalah suatu sindrom klinis yang disebabkan oleh penyakit jantung dengan gejala sesak nafas (dyspnea), rasa sakit pada daerah jantung, rasa lelah, lemah, pucat, timbunan garam, dan cairan yang tidak normal..

 

Gejala jantung merupaka hasil proses yang berkelanjutan dari hilangnya kemampan jantung untuk memompa seperti fungsi normalnya. Awalnya jantung dapat melakukan kompensasi terhadap kekurangan yang terjadi dan menjaga dengan baik sirkulasi dengan membesarkan jantung dan meningkatkan detak jantung.  Gejalanya adalah:

  • sesak nafas
  • nyeri dada muncul saat melakukan aktivitas.

Akibat menurunnya keluaran jantung maka timbul pula perubahan pada ginjal, sistem saraf dan pengaturan tekanan darah, mengakibatkan meningkatnya penyerapan kembali natrium dan akhirnya timbul edema.

Hati dan Otak juga mengalami perubahan karena aliran darah yang menurun pada pasien gagal jantung, ditemui adanya gangguan aliran darah ke ginjal. Selain itu terdapat edema (pembengkakakan) akibat tertumpuknya air dalam celah-celah jaringan tubuh sehingga  rongga cairan di dalam sel mengembang. Karena itu, pengurangan konsumsi natrium akan menurunkan kadar natrium dala, cairan tubuh dan akan berarti pengurangan cairan ekstraseluler, sehingga mengurangi edema. Akan tetapi pembatasan kandungan natrium makanan untuk mengurangi edema hanya berarti pada penderita kegagalan jantung yang belum terlalu berat.

Untuk menghindari timbulnya penyakit jantung koroner, lakukanlah pemeriksaan kesehatan secara rutin dan memperhatikan apakah anda sudah termasuk orang yang memiliki faktor resiko tinggi, jika ya, maka sebaiknya segeralah perbaiki gaya hidup anda dan konsumsi suplement Sun Hope secara teratur.

Gangguan: Penyakit Jantung koroner

Produk: Deepsea 3×2 soft gel, Spirulina plus 3×2 kaplet, Mega Formula 2 softgel

 

sumber: Jurnal Sehat Sun Hope/Panduan lengkap kesehatan, penyakit dan gizi untuk keluarga

 

Comments

  1. By sunhope3

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *