Hebatnya ASI Untuk Pertumbuhan Bayi

Hebatnya ASI Untuk Pertumbuhan Bayi

ASI Nutrisi Penting Asi (Air Susu Ibu) merupakan pilihan Nutrisi terbaik untuk bayi.

hebatnya asi untuk pertumbuhan bayi. Berikut kedashyatan ASI :

  • ASI mudah dicerna dan diserap bayi.
  • Mengandung zat-zat yang diperlukan bayi untuk pertumbuhan dan perkembangannya, termasuk  otak dan fungsi kognitifnya.
  • ASI memberikan perlindungan kepada bayi dari kemungkinan infeksi dan alergi, juga merangsang pertumbuhan sistem kekebalan tubuh bayi
  • Air Susu Ibu selalu tersedia, bersih dan segar
  • ASI lebih ekonomis, hemat, sekaligus praktis
  • Pemberian ASI memperkuat ikatan bathin antara ibu dan bayi. Bayi akan merasa aman dan nyaman serta merasa terlindungi.

 

Perlindungan terpenting yang dibutuhkan bayi adalah asupan ASI.  Ada satu bagian dari ASI yang sangat penting, yakni kolostrum. Kolostrum akan keluar mendahului ASI selama 2-3 hari pascapersalinan. Bentuknya berupa cairan bening kekuningan. Hal ini diakui oleh banyak peniliti. Didalam Global strategy for infant and young child feeding, WHO/UNICEF merekomendasikan empat hal penting yang harus dilakukan yaitu:

  1. Memberikan air susu ibu kepada bayi segera dalam waktu 30 menit setelah bayi lahir, penting bagi keoptimalan daya tahan tubuh (imunoglubolin), karena kadar gizinya jauh lebih tinggi dibanding ASI yang keluar pada hari-hari berikutnya. Karena jumlahnya sangat terbatas, jangan lewatkan kesepatan untuk menyusui si bayi sesegera setelah si kecil lahir.
  2. Memberikan hanya air susu ibu (ASI) saja atau pemberian ASI secara eksklusif sejak lahir sampai bayi berusia 6 bulan,
  3. Memberikan makanan pendamping asi (MP-ASI) sejak bayi berusia 6-24 bulan,
  4. Meneruskan pemberian ASI sampai anak berusia 24 bulan atau lebih.

ASI Kaya akan Omega 3 Untuk Tumbuh Kembang dan Kecerdasannya

Ibu hamil yang mendapatkan Suplementasi DHA hingga 300mg per hari akan melahirkan bayi yang selama 9 bulan diamati mengalami kemajuan pesat dalam hal perkembangan kecerdasan dibandingkan bayi yang ibnya tidak mengkonsumsi DHA. Omega 3, EPA dan DHA baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak dan mencegah terjadinya penyakit autoimun pada anak. Konsumsi 1 softgel Deep Sea saat bangun tidur dan menjelang tidur. Selain itu, untu memberikan nutrisi ibu sehingga ASI memenuhi kebutuhan bayi, konsumsi Spirulina plus yang baik untuk ibu menyusui karena mengandung serat protein sayuran dan zat klorofil serta asam lemak essensial GLA (Gamma Linoleic Acid).

 

 

sumber: - http://www.ibudanbalita.com/pojokcerdas/asi-untuk-bayiJurnal Sehat Sun Hope (Panduan Lengkap Kesehatan, Penyakit & Gizi untuk Keluarga)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *